Cara Memulai Usaha Rental Mobil di Surabaya

11 Aug 2014

Cara Memulai Usaha Rental Mobil di Surabaya

Bisnis rental mobil sudah mulai menjamur. Di tempat saya tinggal, di dekat bandara Juanda , Surabaya, anda dapat menemukan paling tidak 10 persewaan mobil yang saling berdekatan. Saya pikir cukup aneh, namun mengingat banyak sekali pelaku pada usaha ini, menurut saya market di usaha sewa mobil di kota Surabaya ini belum jenuh. Dengan demikian, masih tersedia peluang untuk berkompetisi dengan bisnis persewaan mobil lainnya yang sudah terlebih dahulu berdiri. Saya yakin sekali usaha ini tetap memiliki peluang di tahun-tahun kedepan. Tetapi, anda wajib mengerti kalau usaha sewa mobil tentulah bukan bebas kendala. Sewaktu anda memutuskan menekuni bisnis ini, ada baiknya anda tahu resiko-resiko apa yang akan anda hadapi seputar usaha rental mobil ini.

Usaha ini dilakukan dengan cara menyewakan mobil untuk dipakai oleh orang lain dalam jangka waktu tertentu, bisa jadi sewa mobil bulanan atau sewa mobil harian. Kendala yang acapkali terjadi ialah mobil anda dibawa lari. Hal selanjutnya yang siapa tahu akan terjadi ialah mobil difungsikan buat hal yang tak baik, misalnya perampokan, pencurian, maupun tindak kejahatan lainnya. Yang selanjutnya Seperti yang kita tahu, mobil bukanlah barang murah, karena itu ongkos perbaikan mobil juga tidak murah. Dengan cara meminjamkan mobil kepada orang lain, mungkin saja orang tersebut memperlakukan mobil tersebut dengan kasar, sehingga terjadi kerusakan baik di body mobil maupun pada mesinnya.

Saya mengatakan soal ini bukanlah buat menyulut ketakutan anda, sebab sebenarnya usaha ini layak diperhitungkan. Akan tetapi jikalau tidak diperhitungkan dengan hati-hati, usaha ini tentulah bukan bisa untung malah bikin rugi. Inilah tips-tips dari saya supaya usaha sewa sewa mobil anda memperoleh hasil berlipat.
- Pilihlah tempat yang tepat buat usaha sewa mobil anda. Tambah dekat anda dengan lokasi-lokasi yang mungkin saja memerlukan mobil rental, tentulah tambah top peluang usaha ini. Tempat yang menurut saya baik ialah dekat bandara, pelabuhan laut, cukup dekat hotel-hotel terkenal di wilayah itu , dll,.
- Ketahui minat penyewa. Umumnya rental mobil akan laku dengan mobil-mobil yg dapat menampung banyak orang, tapi siapa tahu kalau target pasar anda adalah orang-orang yang tinggal di hotel dari luar kota , mereka lebih suka city car atau sedan.
- Cari mobil yang biaya perawatannya murah, kuat/awet. Jika anda kejar pasar yang umum, maka cari mobil-mobil seperti avanza xenia, yang biaya perawatannya tidak terlalu mahal tentulah pilihan yang baik. Lain halnya jika anda kejar pasar yang menengah ke atas, mobil Alphard yang biaya perbaikannya mahal sekalipun tidak apa, asal penyewanya berani bayar mahal.
- Jasa asuransi. Adalah penting untuk memiliki jasa asuransi, untuk mengurangi hal-hal buruk yang tidak disangka-sangka sebagaimana yang sudah saya sebut tadi. Cobalah mencari pilihan paket asuransi yang paling tepat buat anda, baik asuransi kehilangan, ataupun asuransi servis, ataupun kedua-duanya. Keputusan di tangan kalian.
- Pendataan haruslah detail. Jikalau pendataan tak terperinci, bila ada kesulitan, misalnya mobil dicuri sama pihak penyewa, anda bakal benar-benar kesukaran buat mengecek sedang dimana konsumen berada. Pilihannya ialah dengan cara menanam GPS di setiap mobil sewaan.
- Jalinlah kerjasama dengan bengkel atau montir mobil. Tujuannya adalah agar biaya perawatan dan perbaikan mobil bisa ditekan.
- Jika anda menyediakan sopir, maka ada baiknya pilih sopir yang sopan dan cara nyetirnya tidak ugal-ugalan. Selain mengurangi kemungkinan mobil cepat rusak, hal ini akan bisa mengangkat citra baik buat usaha anda di pandangan penyewa.
- Maksimalkan promosi penyewaan mobil anda dengan menggunakan internet, koran, brosur, spanduk, dan lain sebagainya.
- Sisihkan sedikit dari pemasukan bulanan, untuk meningkatkan jumlah armada penyewaan mobil milik anda.
- Cara yang paling akhir ialah dengan cara membangun partnership dengan instansiatauperusahaan setempat di wilayah anda. Lantaran jika anda mendapat konsumen instansi, maka pada umumnya mereka bakal hampir selalu menyewa di bisnis sewa mobil milik anda.

Inilah sedikit kiat-kiat membangun bisnis persewaan mobil di surabaya. Saya sangat berharap kiat ini bisa mengakomodasi anda dalam membangun usaha baru di wilayah anda masing-masing.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post